Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Manfaat dan Jenis Asuransi Rumah

News
11 Jul 2019
NEWS TITLE

Asuransi rumah adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian akibat terjadinya kebakaran, tindak pencurian, atau kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam.

Asuransi rumah sendiri memiliki  perlindungan dari segala bentuk risiko yang muncul akibat berbagai hal yang disebutkan di atas, dan akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Jika Anda tidak memiliki asuransi, maka segala kerugian yang timbul akibat adanya kejadian tersebut akan menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Mudah jika Anda memiliki dana yang cukup, namun bagaimana jika Anda tidak memiliki dana untuk hal tersebut? Maka bisa dipastikan Anda dan keluarga akan terpuruk dan mengalami kesulitan keuangan, gangguan dalam menangani pekerjaan yang mendatangkan penghasilan tetap setiap bulannya, sulit untuk kembali ke posisi atau kondisi awal.

Jangan pernah sepelekan masalah asuransi rumah, perlindungannya sangat besar dan memiliki manfaat yang sangat penting bagi Anda dan keluarga. Bukan hanya kerusakan besar saja, namun berbagai perbaikan kecil lainnya akibat bencana alam juga akan dicover olehnya.

Ketika Anda berbicara mengenai perlindungan, maka sudah sewajarnya Anda akan selalu menginginkan sebuah perlindungan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Hal ini tentu saja Anda lakukan dengan tujuan untuk memperkecil risiko kerugian yang mungkin akan timbul sewaktu-waktu di masa yang akan datang.

Berdasarkan layanan yang diberikan, asuransi rumah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni:

1. Property All Risk / Industrial All Risk

Ini merupakan jenis asuransi kebakaran yang bersifat unnamed perils, yakni memberikan jaminan terhadap seluruh resiko yang terjadi pada harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungkan, kecuali risiko-risiko yang tertera pada pengecualian, yaitu: perang, terorisme, nuklir dan radioaktif; keterlambatan, kehilangan pangsa pasar atau gangguan usaha; kesengajaan, ketidakjujuran karyawan: kerusakan mekanik dan boiler; aus, korosi, sifat barang itu sendiri; polusi atau kontaminasi.

Jaminan yang diberikan oleh layanan Asuransi Property All Risks (PAR), mencakup:

  • Jaminan untuk kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat dan huru hara.
  • Jaminan untuk angin topan, badai, banjir dan kerusakan akibat air.
  • Jaminan untuk gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami.
  • Jaminan untuk tanah longsor dan pergerakan tanah.

Pada dasarnya, asuransi Properti All Risk (PAR) hanya berlaku bagi bangunan non industri, seperti: kantor, rumah tinggal, rumah sakit, sekolah dan berbagai bangunan properti lainnya. Sedangkan untuk bangunan industri, seperti: pabrik, gudang, mall dan toko, akan digunakan asuransi jenis Industrial All Risk (IAR)

2. Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Asuransi ini merupakan polis standard yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) sebagai bentuk layanan asuransi kebakaran. Manfaat dari produk asuransi properti ini adalah memberikan perlindungan pada harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh: kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang (aircraft), dan asap (smoke).

Namun, selain manfaat utama yang tercantum dalam PSAKI tersebut, asuransi kebakaran dapat diperluas dengan jaminan atas risiko lainnya yang tidak dijamin dalam PSAKI, antara lain:

  • Kerusuhan, pemogokan, kerusakan akibat perbuatan jahat, huru hara.
  • Banjir, angin topan, badai dan kerusakan karena air.
  • Tanah longsor.
  • Kebongkaran.
  • Business interuption (kehilangan keuntungan)

 

 

Related News & Media