Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Tips Menikmati Masa Tua Dengan Dana Pensiun Pribadi

News
23 Aug 2019
NEWS TITLE

Meskipun masa pensiun masih terhitung lama. Namun, harus tetap dipersiapkan sedini mungkin. Kenapa?

Biasanya orang mulai pensiun di usia 60 tahun dan di usia menjelang pensiun barulah mereka mulai memikirkan dana pensiun untuk masa tuanya. Padahal, cara ini tentu sangat salah besar. Memang, Anda tetap bisa menabung dana pensiun, tetapi pasti dana yang terkumpul hanya sedikit. Berbeda jika Anda menabungnya sejak memasuki dunia kerja.

Mungkin Anda tidak akan terlalu memikirkan dana pensiun jika bekerja di perusahaan atau lembaga yang memberikan dana pensiun saat usia senja. Meski demikian, bukan berarti Anda yang tidak bekerja di tempat seperti itu, akan hidup sengsara di hari tua. 

Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa pensiun Anda, berikut adalah informasinya:

1. Mulai Sedini Mungkin
Kalau Anda tak memulai sedini mungkin, Anda tidak akan bisa mengumpulkan cukup uang untuk menjalani kehidupan di masa depan. Ingatlah, nilai mata uang akan terus meningkat sehingga bisa jadi Anda membutuhkan dana yang cukup besar untuk kehidupan di masa depan. Setiap bulan, pastikan sisihkan sekitar 10 persen dari penghasilan untuk dijadikan dana pensiun mandiri.

2. Kurangi Pengeluaran Belanja
Belanja besar sekali-sekali tidak apa-apa. Namun pikirkan juga tabungan untuk hari tua. Kurangi intensitas belanja terutama belanja barang mewah yang sebenarnya tidak begitu Anda perlukan. Lebih baik uangnya ditabung daripada dihambur-hamburkan untuk hal yang tdak berguna bukan? Dengan begitu, Anda bisa menyisihkan uang lebih untuk ditabung.

3. Disiplinkan Diri Sendiri
Agar memperoleh dana pensiun yang cukup besar, Anda membutuhkan komitmen dan kedisiplinan serta tekad yang besar untuk memastikan bahwa kehidupan Anda di masa tua akan sejahtera seperti saat ini. Menjadikan diri sendiri disiplin untuk urusan menabung sangatlah mudah, contohnya Anda bisa membuat tanggal jatuh tempo setiap bulannya, yang mengharuskan Anda untuk menabung di tanggal tertentu. 

4. Lakukan Investasi
Berinvestasi menjadi salah satu cara terbaik untuk memperoleh dana pensiun yang cukup besar. Sudah banyak sekali cara investasi yang bisa dipilih dan tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Melakukan investasi pasti untuk meraih keuntungan, kan? Oleh karena itu, pilih investasi yang memberikan keuntungan maksimal namun juga memiliki risiko rendah. Investasi properti dan asuransi menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda coba.

5. Ketahui Kebutuhan Anda Setelah Pensiun
Anda perlu memikirkan kebutuhan apa saja yang perlu Anda penuhi setelah pensiun. Ini tentu akan berpengaruh pada besarnya tabungan untuk dana pensiun nantinya. Cobalah membuat daftar kebutuhan apa saja kemudian perkirakan berapa banyak dana yang perlu dipersiapkan. Jadi, setidaknya Anda sudah memiliki gambaran seberapa besar dana yang harus terkumpul untuk mensejahterakan kehidupan di hari tua nanti.

6. Memanfaatkan Tunjangan Perusahaan
Tunjangan perusahaan bisa Anda manfaatkan. Tunjangan ini dapat memenuhi kebutuhan Anda. Supaya Anda mampu memaksimalkan fasilitas ini, cobalah dengan bertanya fasilitas apa yang bisa Anda dapat ketika nanti pensiun. Dengan begini, tabungan dana pensiun Anda untuk kebutuhan lain tentu lebih efektif.

Related News & Media