Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Tips Memilih Produk Asuransi Rumah

News
06 Sep 2019
NEWS TITLE

Sama seperti produk Asuransi lainnya, memilih Asuransi Rumah juga butuh banyak pertimbangan yang matang.

Saat ini, produk Asuransi Rumah sudah banyak tersedia di Indonesia. Meskipun banyak perusahaan yang menawarkan premi yang murah, Anda juga harus lebih teliti untuk menentukan pilihan.

1.    Rekam Jejak Perusahaan
Agar tidak terjebak, coba cek kembali rekam perusahaan. Banyak cara untuk mencari info perusahaan tersebut. Semisal, lewat teman yang pernah menggunakan jasa asuransi dan melalui testimoni para netizen.

Cara paling sederhana, periksa tanggal berdiri dan legalitas korporasi. Jika sudah lama berdiri, biasanya perusahaan asuransi itu bisa dipercaya. Kemudian dari sisi legalitas, pastikan perusahaan asuransi mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2.    Pahami Isi Dokumen Polis
Membaca dokumen polis merupakan hal yang paling jarang dilakukan oleh penerima asuransi. Padahal, polis berisi poin-poin penting terkait hak dan kewajiban Anda sebagai tertanggung.

Jadi, periksa secara detail tiap pasal polis. Bagian paling krusial terletak pada ikhtisar. Bentuknya berupa surat pernyataan berjumlah 3 sampai 5 lembar.

Sementara itu, isi ikhtisar tersebut terdiri dari data pribadi tertanggung, data lengkap pemegang polis, jumlah uang pertanggungan, ruang lingkup jaminan, serta periode asuransi. Di situ juga tertulis jelas tentang biaya tambahan, dan premi.

3.    Proses Klaim Jelas
Meskipun tidak mengharapkan risiko pada hunian terjadi, Anda tetap harus memahami prosedur klaim. Pasalnya, perusahaan asuransi yang baik pasti memiliki langkah klaim yang jelas dan terstruktur.

Umumnya, klaim dilakukan dengan pengisian formulir permohonan. Jika Anda dianggap memenuhi syarat, formulir akan mendapatkan persetujuan. Sebaliknya, kalau tidak sesuai kriteria, Anda harus mengulangi pengajuan permohonan.

4.    Lakukan Perbandingan
Saat memilih asuransi hunian, pastikan nilai pertanggungan yang Anda dapatkan seimbang dengan premi. Jangan sampai jumlah premi besar, tetapi nominal uang pertanggungannya sedikit. Mengapa harus demikian?

Asuransi hunian bertujuan untuk memperbaiki rumah. Jika jumlah uang yang Anda terima tidak sesuai harapan, perbaikan bisa terhambat. Atau malah tak dapat diselesaikan dengan baik.

5.    Produk Sesuai Kebutuhan 
Kira-kira, bentuk asuransi hunian seperti apa yang Anda inginkan? Pasalnya, tiap perusahaan menawarkan jenis produk berbeda. Ada perusahaan hanya menyediakan proteksi akibat bencana alam. Beberapa korporasi justru menambahkan perlindungan atas kebakaran dan kerusakan karena tindak kejahatan.

Selain fasilitas produk, Anda pun mesti memperhatikan kompensasinya. Coba cek lagi, bentuk kompensasi yang ditawarkan berupa uang tunai satu kali atau bertahap. Kalau bertahap, Anda harus cari tahu, nominal tiap pencairannya.

Related News & Media