Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Tips Memilih Produk Asuransi Jiwa yang Tepat

News
10 Sep 2019
NEWS TITLE

Perlindungan yang diberikan oleh asuransi jiwa yaitu perlindungan terhadap kerugian finansial akibat risiko yang tidak terduga seperti meninggal dunia, kecelakaan, sakit kritis dan cacat tetap total. Artinya Asuransi Jiwa mempunyai peran penting dalam kehidupan Anda, apalagi jika Anda sudah berkeluarga. 

Jika tidak ingin bergantung pada asuransi jiwa yang diberikan oleh perusahaan, Anda harus dapat memilih sendiri asuransi jiwa Anda, sehingga meskipun Anda berhenti dari perusahaan, Anda tidak perlu khawatir akan perlindungan kepada keluarga Anda.

Nah, untuk membantu Anda memilih Asuransi Jiwa yang tepat. Simak tips berikut:

1.    Hitung Kebutuhan Anda
Salah satu yang terpenting dari memilih asuransi jiwa adalah Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa kebutuhan Anda dan keluarga jika terjadi risiko yang tidak diinginkan.

Anda dapat menghitung kebutuhan keluarga Anda dengan menghitung penghasilan atau pengeluaran bulanan Anda.
Kenapa pengeluaran bulanan? Karena jika terjadi risiko seperti meninggal dunia atau sakit kritis ataupun risiko lainnya, kebutuhan bulanan Anda dan keluarga tetap harus dipenuhi.

2.    Tentukan Biaya Premi
Meskipun Asuransi Jiwa sangat penting, tidak perlu terburu-buru menentukan pilihan. Cari dan teliti terlebih dahulu. Jangan sampai biaya premi Asuransi Anda mengganggu kebutuhan sehari-hari keluarga Anda. 

3.    Pahami Produk Asuransi Jiwa
Ada banyak sekali produk asuransi yang beredar di masyarakat. Mulai dari produk asuransi jiwa tradisional sampai dengan produk asuransi jiwa unitlink, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Anda harus dapat memilih produk yang sesuai dengan anggaran Anda dan dapat memenuhi kebutuhan asuransi jiwa keluarga Anda.

Produk asuransi jiwa tradisional seperti asuransi jiwa berjangka lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan asuransi jiwa dwiguna (endowment) atau asuransi jiwa unitlink.

Jika Anda ditawarkan unitlink, Anda juga harus memahami apa saja manfaat dan fitur yang Anda dapatkan, serta biaya-biaya yang dibebankan kepada Anda.

4.    Manfaat Asuransi Jiwa
Dalam membeli asuransi jiwa, yang terpenting adalah manfaat uang pertanggungan yang akan Anda dapatkan. Karena ketika terjadi suatu risiko, uang pertanggungan yang akan membantu Anda dan keluarga Anda.

Oleh karena itu, meskipun ada beberapa produk asuransi jiwa yang memiliki tabungan ataupun investasi, tetap saja yang menjadi hal utamanya adalah manfaat yang dapat diberikan oleh asuransi jiwa tersebut pada saat risiko datang.

5.    Lakukan Perbandingan
Semakin banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk dan manfaat membuat Anda memiliki lebih banyak pilihan. Jangan hanya terpaku kepada satu perusahaan asuransi saja.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membandingkan produk asuransi antara lain premi yang harus dibayarkan, manfaat yang ditawarkan, prosedur klaim yang ada, dan fitur-fitur lainnya dari produk yang ditawarkan.

6.    Kredibilitas Perusahaan Asuransi
Asuransi adalah produk jangka panjang. Karena sifatnya jangka panjang, Anda sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang kredibel.
Cara mudah untuk melihat kredibilitas perusahaan adalah dengan melihat pengalaman mereka dalam menangani jasa asuransi kesehatan dan proses klaimnya.

Jangan tergiur dan cepat mempercayai premi murah yang ditawarkan dengan manfaat serta jenis perawatan yang lengkap.

7.    Pahami Syarat Klaim Asuransi
Anda harus mengetahui persyaratan klaim dari asuransi jiwa yang Anda pilih. Karena asuransi hanya akan berguna jika pada saat terjadi risiko, Anda dapat mengklaim uang pertanggungan yang tertera di dalam polis asuransi jiwa Anda.

Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika Anda setidaknya mengetahui sebagian dari persyaratan klaim yang harus dipenuhi agar klaim Anda berjalan dengan lancar.

Related News & Media