Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

News
20 Jul 2019
NEWS TITLE

Tertarik untuk membeli asuransi kesehatan? Meskipun banyak perusahaan menawarkan asuransi dengan fasilitas yang mempuni. Namun, Anda perlu selektif untuk memilih.

Sebab asuransi sifatnya tidak seperti membeli barang retur yang dapat dikembalikan jika ternyata kurang merasa cocok.

 

Nah, untuk membantu memilih asuransi kesehatan terbaik, coba pertimbangkan 5 poin berikut:

1. Pahami Kebutuhan

Pahami betul apa yang menjadi kebutuhan utama dalam berasuransi. Hal ini bertujuan supaya Anda dapat menemukan asuransi kesehatan mana yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan, sehingga manfaat yang didapatkan pun akan lebih maksimal.

Bila Anda sudah berkeluarga, pilih layanan yang bisa mencakup seluruh anggota keluarga. Dengan begitu, Anda hanya perlu memakai satu polis asuransi untuk semua anggota keluarga dengan biaya yang lebih ringan.

 

2. Tentukan Budget Dari Besaran Premi

Jumlah premi umumnya bergantung pada seberapa banyak hal yang akan menjadi tanggungan pihak asuransi, serta profil risiko tertanggung. Misalnya asuransi kesehatan yang memberikan jaminan rawat inap saja mungkin preminya lebih murah dibandingkan asuransi kesehatan yang dengan manfaat rawat inap sekaligus rawat jalan.

Lalu bagi Anda yang berusia 40 tahun dan merokok, kemungkinan besar akan dikenakan premi asuransi lebih mahal dibandingkan mereka yang berusia 30 tahun dan tidak merokok. Jadi, pastikan besaran premi yang dipilih nanti mencakup seluruh biaya kesehatan yang Anda butuhkan dan tentunya sesuai budget.

 

3. Kenali Sistem Asuransi

Mengenai sistem klaim asuransi kesehatan, ada dua jenis yakni reimbursement dan cashless. Kedua metode ini, jelas akan menjadi pertimbangan besar karena memiliki aturan dan kebijakannya masing-masing.

Skema reimbursement dilakukan dengan  membayar terlebih dulu semua biaya perawatan, lalu nanti kuitansinya Anda klaim ke perusahaan asuransi terkait. Sedangkan sistem cashless dinilai lebih praktis.

 

4. Jaringan Perusahaan Asuransi

Setiap perusahaan asuransi ternama, biasanya telah memiliki kerjasama dengan banyak rumah sakit. Tanyakan keterjangkauan provider rumah sakit yang terafiliasi dengan layanan asuransi tersebut.

Bila perlu, jangan hanya rumah sakit di dekat lokasi tempat tinggal Anda saja, tapi provider cakupannya juga sampai ke berbagai kota di Indonesia.

 

 5. Buat Perbandingan

Terakhir, buat perbandingan antara perusahaan asuransi kesehatan satu dengan yang lain. Perbandingan ini penting agar Anda tidak bingung dengan banyaknya produk asuransi yang menawarkan beragam keuntungan.

Selain demi jaminan kesehatan, pentingnya memiliki asuransi kesehatan perlu disadari merupakan bagian dari pengelolaan keuangan yang lebih terarah. Anda bahkan tidak perlu repot-repot menyiapkan dana darurat lagi, karena semua otomatis telah dialokasikan ke dalam premi asuransi kesehatan.

Related News & Media