Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Lindungi Ibadah Haji Anda Dengan Insuransi

News
07 Aug 2019
NEWS TITLE

Menunaikan ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat muslim yang mampu. Tapi, tahukah Anda, di antara keperluan pribadi yang memang harus disiapkan, Anda juga harus memiliki perlindungan diri ketika menjalankan ibadah, yaitu dengan asuransi haji.

Sama seperti produk proteksi pada umumnya, pada asuransi haji ini juga terdapat berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan. Perlindungan ini harus dimiliki oleh setiap jamaah, karena memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting. Ingin tahu, apa saja?

Jaminan Perlindungan Jiwa

Asuransi perjalanan haji juga memiliki fungsi yang sama dengan tabungan asuransi haji, di mana jiwa Anda akan dilindungi apabila terjadi kematian selama ibadah. Kecelakaan saat ibadah haji, masuk ke dalam asuransi perjalanan haji.

Biaya Kesehatan

Sering kali para jemaah haji mengalami kondisi penurunan kesehatan, sehingga membutuhkan bantuan medis. Ketika Anda memiliki asuransi perjalanan haji, semua biaya tersebut ditanggung langsung oleh pihak asuransi.

Kehilangan Barang

Asuransi perjalanan haji melindungi Anda dari kerugian atas kehilangan dan kerusakan barang bawaan jemaah pada bagasi penerbangan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Keterlambatan dan Pembatalan Perjalanan

Anda sudah mempersiapkan diri untuk pergi menunaikan ibadah haji, tetapi saat ingin pergi tetapi terjadi pembatalan atau keterlambatan keberangkatan. Tentunya hal ini membuat Anda kesal, otomatis biaya akan bertambah. Jika Anda sudah memiliki travel insurance untuk berhaji, hal ini tidak akan memusingkan lagi untuk Anda. Perusahaan asuransi yang akan mengurusnya, biasanya pihak penjamin akan memberikan perlindungan berupa pemberian hotel penginapan yang bekerja sama dengan maskapai tersebut.

Persyaratan Umum Mendaftar Asuransi Haji

Syarat utama untuk mengikuti proteksi haji adalah memiliki tabungan haji. Untuk membuka tabungan haji, Anda dapat membukanya di bank-bank yang sudah bekerja sama dengan Kementrian Agama Republik Indonesia untuk menangani perihal keberangkatan haji.

Siapkan juga berkas-berkas penting untuk mendaftar tabungan haji sekaligus perlindungan. Berikut syarat umum yang harus Anda ketahui menurut Kementrian Agama:

1.            Beragama Islam.

2.            Berusia minimal 12 (dua belas) tahun pada saat mendaftar.

3.            KTP yang masih berlaku sesuai dengan domisili atau bukti identitas lain yang sah.

4.            Kartu keluarga.

5.            Akta kelahiran atau surat kenal lahir atau kutipan akta nikah atau ijazah.

6.            Tabungan atas nama jemaah yang bersangkutan pada BPS*) BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji).

7.            Pas Foto berwarna 3×4 berjumlah 10 lembar dengan latar belakang berwarna putih dengan ketentuan sebagai berikut:

  •  Warna baju/kerudung harus kontras dengan latar belakang.
  •  Tidak memakai pakaian dinas.
  •  Tidak menggunakan kacamata.
  • Tampak wajah minimal 80 persen.
  • Bagi jemaah haji wanita menggunakan busana muslimah.
  •  Gubernur dapat menambahkan persyaratan berupa surat keterangan domisili

Related News & Media