Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Lima Penyebab yang Merusak Masa Pensiun Anda

News
19 Sep 2019
NEWS TITLE

Menikmati masa pensiun memang harus dipersiapkan sejak masih dalam usia produtif. Sebab, satu-satunya yang bisa di andalkan saat pensiun nanti adalah dana jaminan hari tua.

Masa pensiun pada umumnya adalah saat umur 55 tahun hingga 60 tahun. Untuk menikmati pensiun tersebut, Anda perlu mempersiapkan sebaik mungkin.

Jangan sampai masa pensiun Anda tergganggu karena beberapa hal yang biasanya terjadi oleh karyawan yang ingin mempersiapkan masa pensiunnya.

1. Merasa pendapatan kurang

Gaji yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari seringkali dijadikan alasan tidak siap menyisihkan dana untuk pensiun. Mau tak mau, Anda memang harus melakukan penghematan khusus untuk kondisi ini.

Untuk mendapatkan keamanan finansial saat pensiun nantinya, mulailah melakukan penghematan dari sekarang. Buatlah tabungan terpisah untuk belanja bulanan dan dana darurat, serta untuk dana pensiun.

2. Boros

Kunci persiapan pensiun yang lain adalah jangan boros. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Anda dapat menyisihkan sekitar 10% dari penghasilan untuk kebutuhan tersebut atau menyesuaikan dengan kebutuhan lainnya.

Simpan uang di produk investasi yang relatif aman dan imbal hasil (bunga/return) yang menarik. Ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu ke beberapa lembaga keuangan. Selain itu, Anda juga bisa meminta pendapat dari kerabat yang juga menggunakan tabungan sebagai dana pensiun.

3. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Waktu berjalan dengan cepat, banyak orang tak sadar bahwa usia produktif mereka terus berkurang. Anda harus mulai peduli akan hal ini. Usia makain bertambah, ada peningkatan risiko penyakit yang mungkin bisa mengurangi atau bahkan menghentikan produktivitas Anda.

Tanpa risiko sakit sekali pun, usia menjelang pensiun sudah pasti produktivitasnya menurun. Jadi, mulai sekarang kontrol pengeluaran Anda, tambah pemasukan, kurangi utang yang tidak produktif, tambah tabungan, dan investasi dengan tujuan menyiapkan masa pensiun nanti.

4. Lupakan Dana Pensiun Dari Kantor

Gaya hidup setiap orang berbeda. Jangan hanya mengandalkan asuransi tempat kerja saja. Sebab, kita tentunya tidak pernah tahu sampai kapan bekerja di perusahaan tersebut.

Anda harus pintar melakukan diversifikasi investasi untuk masa pensiun nanti. Ingat, masa pensiun adalah masa kita menikmati kerja keras selama ini. Jadi harus disiapkan dengan baik.

5. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan bisa saja berubah drastis bila ternyata kita lalai untuk menjaganya dengan baik. Jadi jangan pernah selalu merasa sehat dan baik-baik saja sehingga lupa mempersiapkan masa pensiun ini.

Jangan terlena saat usia masih muda dan tampak bugar serta sehat. Anda tetap harus mempersiapkan diri saat usia semakin bertambah, karena risiko kesehatan juga semakin besar.

Related News & Media