Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Empat Hal Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi Mobil All Risk

News
30 Aug 2019
NEWS TITLE

Membeli Asuransi mobil memang perlu pertimbangan yang matang. Pilih Total Loss Only (TLO) atau asuransi mobil All Risk? Tak seperti asuransi mobil TLO yang hanya dapat menanggung ketika mobil mengalami kerusakan parah atau terjadi kehilangan, asuransi mobil All Risk dapat menanggung hampir setiap kerusakan – bahkan mulai dari kerusakan yang sepele.


Meskipun kedengarannya asuransi mobil All Risk lebih menguntungkan, tetapi nasabah harus tetap mempertimbangkan sebelum membelinya. Mengapa? Dengan manfaat yang besar, biaya premi asuransi mobil All Risk tentunya tidak murah.

Untuk membantu menentukan pilihan, berikut adalah empath al yang harus dipertimbangkan sebelum memilih Asuransi mobil:

1.    Biaya
Premi asuransi mobil All Risk bisa berkisar mulai dari 2,5% hingga 3,5% dari harga kendaraan pertahunnya. Jumlah ini bisa mencapai dua kali lipat dari biaya premi yang harus dibayarkan untuk asuransi mobil TLO. Karena itu, siapkan anggaran dari awal sebelum memutuskan membeli asuransi All Risk. 

2.    Keuntungan
Banyak yang berpikir bahwa asuransi All Risk meng-cover risiko apa pun yang terjadi pada mobil. Ternyata, ada beberapa risiko yang biasanya tidak masuk dalam pertanggungan asuransi mobil All Risk. Misalnya seperti perlindungan aksesoris kendaraan. Namun ada juga beberapa perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan untuk ini. 

3.    Ketahui biaya own risk (OR)
Jika kerusakan mobil diakibatkan oleh kelalaian pribadi, biasanya perusahaan asuransi mewajibkan kamu untuk membayar biaya own risk sejumlah nilai yang ditentukan. Biaya ini juga berlaku untuk asuransi mobil TLO. Misalnya biaya own risk yang ditentukan sejumlah Rp 300 ribu, maka pemegang polis wajib membayar Rp 300 ribu, baru pihak asuransi akan menanggung sisa biaya yang diperlukan untuk perbaikan.

4.    Perhatikan pengecualian
Setiap asuransi pasti memiliki beberapa risiko yang tidak menjadi pertanggungan. Misalnya seperti kehilangan atau kerusakan bagian kendaraan yang disebabkan oleh keausan, kerusakan yang dibuat secara sengaja, dan lain-lain. Maka dari itu, ketahuilah dengan baik risiko apa saja yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

Related News & Media