Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Apa itu Reasuransi Dan Apa Manfaatnya?

News
19 Jul 2019
NEWS TITLE

Pernah dengar istilah Reasuransi? Reasuransi merupakan istilah yang digunakan oleh suatu perusahaan/badan usaha untuk melindunginya terhadap suatu risiko asuransi dengan memanfaatkan jasa dari perusahaan asuransi.

Jika perusahaan asuransi berpendapat bahwa nilai asuransi suatu premi lebih besar daripada nilai yang dapat ditanggungnya, maka perusahaan tersebut dapat membagi risiko yang dihadapinya dengan mengansuransikan kembali sebagian nilai tersebut pada perusahaan lain (perusahaan reasuransi).

Pengimplementasian reasuransi dalam perusahaan asuransi dapat melindungi kestabilan jumlah pendapatan perusahaan tersebut, karena kerugian yang sangat besar telah dilindungi oleh reasuransi.

Alasan lain ialah untuk mendapatkan sebuah keuntungan/laba sebagai perantara dengan mengasuransikan kembali pada perusahaan asuransi dengan jumlah premi yang lebih rendah daripada jumlah premi yang dikenakan perusahaan asuransi itu sendiri terhadap pelanggannya.

Lalu, apa manfaat dari Reasuransi?

1.       Meninggikan jumlah pertanggungan

Manfaat reasuransi ialah untuk memperbesar kuota perusahaan asuransi tersebut, sehingga memungkinkan untuk menutupinya dengan jumlah-jumlah pertanggungan dengan jumlah yang tinggi.

Sedikitnya kuota yang dimiliki oleh Direct insurer tertentu membuat Direct insurertersebut tidak leluasa menutupi jumlah-jumlah pertanggungan yang melebihi kuota yang tersedia.

2.       Menciptakan rasa yakin

Reasuransi memberikan manfaat yang sama bagi perusahaan asuransi. Contoh :suatu ketidakpastian dapat dihilangkan dengan cara menggunakan mekanisme asuransi tertentu, seorang pengusaha akan siap untuk memperbesar jumlah investasinya dibandingkan dengan menyimpan uangnya sebagai cadangan.

Hal ini berlaku sama bagi Direct insurer sebagai salah satu pengaruh dari ketidakpastian yang dapat dihilangkan dengan bantuan reasuransi.

3.       Membuat kerugian menjadi pasti

Terjadinya kerugian dapat dianggap pasti, tetapi apa yang tidak dapat dipastikan adalah satu frekuensi terjadinya kerugian, berapa besar kerugian itu akan terjadi dan kapan kerugian itu akan terjadi.

4.       Sebagai pengaman

Keadaan finansial perusahaan asuransi akan berdampak buruk dalam hal menanggung kerugian dengan jumlah yang besar. Reasuransi berperan untuk melindungi perusahaan asuransi dari keadaan tersebut.

5.       Alat penyebar risiko

Seperti hal diatas, reasuransi adalah mekanisme pengalihan suatu risiko dari perusahaan asuransi yang diserahkan kepada reasuradur. Maka dari itu, reasuransi berperan sebagai alat untuk penyebar risiko.

Related News & Media