Close
Close Language Selection
PAGE TITLE HERE

Cara Kerja Asuransi Rumah

News
27 Aug 2019
NEWS TITLE

Rumah adalah sebuah aset yang paling berharga. Untuk mendapatkannya kita harus bekerja keras dan menabung dengan waktu yang juga tidak sebentar. 

Layaknya produk yang sangat berharga, rumah juga perlu perlindungan asuransi untuk menghindari sesuatu hal yang buruk yang bisa saja terjadi pada rumah tersebut. 

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, maka tentu Anda selalu ingin tahu mengenai pola atau cara kerja dari produk tersebut. dengan demikian, maka Anda tidak akan kecewa atau bahkan merasa dirugikan akibat terjadinya pembelian yang dilakukan. 

Hal ini juga akan berlaku di dalam asuransi rumah, Anda tentu ingin mengetahui secara jelas manfaat serta cara kerja yang diterapkan oleh perusahaan asuransi di dalam produk yang akan Anda beli. 

Contoh:  Anda memiliki sebuah rumah dengan luas bangunan 100 meter persegi, dengan nilai pertanggungan rumah sebesar Rp400.000.000,00. Nilai pertanggungan akan didapatkan dengan cara menghitung jumlah dana yang akan dibutuhkan untuk membangun rumah seluas 100 meter tersebut pada saat ini. Jika saat ini dibutuhkan dana sebesar Rp 4 juta untuk membangun setiap satu meter persegi, maka untuk rumah seluas 100 meter persegi akan dibutuhkan dana sebesar Rp400.000.000,00.

Namun, selain bangunan fisik rumah, Anda juga bisa mengasuransikan aset yang terdapat di dalam rumah tersebut. Misalnya nilai aset yang Anda miliki adalah sebesar Rp100.000.000,00, maka nilai total pertanggungan Anda adalah sebesar Rp500.000.000,00. Setelah mendapatkan nilai pertanggungan, maka Anda bisa mengalikan nilai tersebut dengan satuan permil, sehingga akhirnya Anda menemukan nilai premi tahunan yang wajib Anda bayarkan, yakni sebesar Rp750,000,00. 

Jumlah ini tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan nilai pertanggungan yang akan Anda dapatkan, bukan?

Related News & Media